Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023-2024

 Jakarta,  April 2023


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Salam hormat,

Ayah bunda yang budiman, pertama-tama perkenankan kami mengucapkan salam perkenalan dan selamat datang di TK Islam Citra Mu’min.


Apakah Pendidikan Anak Usia Dini  itu?

Ayah bunda, izinkanlah kami terlebih dahulu menjelaskan apakah yang dimaksud dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)?

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan sebelum memasuki jenjang pendidikan dasar, yang merupakan suatu pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membatu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki jenjang pendidikan dasarnya nanti.

Pelayanan pendidikan anak usia dini mempunyai peranan yang sangat penting, yaitu sebagai:

1. Titik sentral strategi pembangunan sumber daya manusia.

2. Menentukan sejarah perkembangan anak selanjutnya, sebab merupakan fondasi dasar bagi kepribadian anak.

3. Anak yang mendapatkan pembinaan sejak dini akan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik maupun mental yang akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar, etos kerja, produktifitas yang pada akhirnya anak akan mampu lebih mandiri dan mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.

4. Merupakan masa keemasan (Golden Age Era). Dari perkembangan otak manusia, maka tahap perkembangan otal pada anak usia dini menempati posisi yang paling vital yakni mencapai 80% perkembangan otak.

5. Cerminan diri untuk melihat keberhasilan anak di masa mendatang. Anak yang mendapatkan layanan baik semenjak usia 0-6 tahun memiliki harapan lebih besar untuk meraih keberhasilan di masa mendatang.  Sebaliknya anak yang tidak mendapatkan pelayanan pendidikan yang memadai membutuhkan perjuangan yagn cukup berat untuk mengembangkan hidup selanjutnya.


Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Perkembangan Pola  Pikir Anak

Berdasarkan hasil penelitian sekitar 50% kapabilitas kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak berusia 4 tahun, 80% telah perkembangan yang pesat tentang jaringan otak ketika anak berumur 8 tahun dan mencapai puncaknya ketika anak berumur 18 tahun dan setelah itu, walaupun dilakukan perbaikan nutrisi tidak akan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif.

Hal ini berarti bahwa perkembangan yang terjadi dalam kurun waktu 4 tahun pertama sama besarnya dengan perkembangan yang terjadi pada kurun waktu 14 tahun berikutnya.  Sehingga periode ini merupakan periode kritis bagi anak, dimana perkembangan yang diperoleh pada periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya hingga masa dewasa.


Pendidikan Anak Usia Dalam Perpektif Agama Islam

Pendidikan anak usia dini merupakan serangkaian upaya sistematis dan terprogram dalam melakukan pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani agar anak memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut.

Dalam pandangan Islam, segala sesuatu yang dilaksanakan tentulah memiliki dasar hukum, baik itu yang berasal dari dasar naqliyah maupun dasar aqliyah.  Begitu juga halnya dengan pelaksanaan pendidikan pada anak usia dini.  Berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan anak usia dini, dapat dibaca firman Allah berikut ini :

وَاللّٰهُ اَخْرَجَكُمْ مِّنْۢ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ شَيْـًٔاۙ وَّجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْاَبْصَارَ وَالْاَفْـِٕدَةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati nurani agar kamu bersyukur. (Q.S. An Nahl: 78)


Berdasarkan ayat tersebut di atas, dapat dipahami bahwa anak lahir dalam keadaan lemah tak berdaya dan tidak mengetahui (tidak memiliki pengetahuan) apapun.  Akan tetapi Allah membekali anak yang baru lahir tersebut dengan pendengaran, penglihatan dan hati nurani (yakni akal yang menurut pendapat yang sahih pusatnya berada di hati).  

Menurut pendapat yang lain adalah otak.  Dengan itu manusia dapat membedakan di antara segala sesuatu, mana yang bermanfaat dan mana yang berbahaya.  Kemampuan dan indera ini diperoleh seseorang secara bertahap.  Semakin besar seseorang maka bertambah pula kemampuan pendengaran, penglihatan dan akalnya hingga sampailah ia pada usia matang dan dewasa.  Dengan bekal pendengaran, penglihatan dan hati nurani itu, anak pada perkembangan selanjutnya akan memperoleh pengaruh sekaligus berbagai didikan dari lingkungan sekitarnya. Hal ini pula yang sejalan dengan sabda nabi Muhammad SAW :

Hadist Bukhari No. 4402

حَدَّثَنَا عَبْدَانُ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ أَخْبَرَنَا يُونُسُ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي أَبُو سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ مَوْلُودٍ إِلَّا يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ كَمَا تُنْتَجُ الْبَهِيمَةُ بَهِيمَةً جَمْعَاءَ هَلْ تُحِسُّونَ فِيهَا مِنْ جَدْعَاءَ ثُمَّ يَقُولُ { فِطْرَةَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ }

Telah menceritakan kepada kami ['Abdan] Telah mengabarkan kepada kami [Abdullah] Telah mengabarkan kepada kami [Yunus] dari [Az Zuhri] dia berkata; Telah mengabarkan kepadaku [Abu Salamah bin Abdurrahman] bahwa [Abu Hurairah radliallahu 'anhu] berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Seorang bayi tidak dilahirkan (ke dunia ini) melainkan ia berada dalam kesucian (fitrah). Kemudian kedua orang tuanyalah yang akan membuatnya menjadi Yahudi, Nasrani, ataupun Majusi -sebagaimana hewan yang dilahirkan dalam keadaan selamat tanpa cacat. Maka, apakah kalian merasakan adanya cacat? ' kemudian beliau membaca firman Allah yang berbunyi: '…tetaplah atas fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrahnya itu. Tidak ada perubahan atas fitrah Allah.' (QS. Ar Ruum (30): 30).



Dari uraian tersebut menunjukkan betapa pentingnya program pendididkan anak usia dini yang berkualitas serta sesuai dengan perkembangan anak yang akan menghasilkan efek positif secara jangka panjang maupun pendek pada perkembangan kognitif dan sosial anak.  Apalagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mewajibkan pendidikan PAUD  1 tahun sebelum masuk ke jenjang sekolah dasar, ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya pendidikan anak usia dini bagi anak yang akan memasuki jenjang sekolah dasar


Untuk itu, TK Islam Citra Mu’min sebagai salah satu lembaga pendidikan formal dalam pendidikan anak usia dini telah mempersiapkan program kegiatan belajar mengajarnya sesuai dengan standar kurikulum 2013 dan juga didukung oleh para tenaga pendidik dan kependidikan yang yang berpengalaman dan memiliki sertifikat pendidikan juga sertifikat kepala sekolah yang dibutuhkan bagi suatu lembaga pendidikan.

Akhirnya kami mengucapkan terimakasih kepada ayah dan bunda yang mempercayakan pendidikan putra-putrinya pada tingkat pendidikan anak usia dini di TK Islam Citra Mu’min.

Semoga amanat dan kepercayaan tersebut dapat kami emban dengan sebaik-baiknya.  Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa meridhoi segala usaha dan ikhtiar kita bersama dalam mendidikan dan mempersiapkan generasi masa depan, amiin.

Wassalam





SEKILAS TENTANG TK ISLAM CITRA MU’MIN

A. Latar Belakang

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu program prioritas pembangunan pendidikan nasional, yang disarankan demi mewujudkan pendidikan yang berkeadilan, bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.   

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai strategi pembangunan sumber daya manusia haruslah dipandang sebagai titik sentral dan sangat fundamental serta strategis mengingat bahwa usia dini merupakan masa keemasan namun sekaligus periode yang sangat kritis dalam tahap perkembangan manusia.

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) secara tegas sebagaimana telah diatur dalam pasal 28 Undang undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan bahwa PAUD dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal manupun jalur pendidikan non formal.

Mengingat hal tersebut di atas, Taman Kanak-kanak Islam Citra Mu’min merupakan salah satu lembaga pendidikan PAUD pada jalur formal yang menyelenggarakan Pendidikan Anak Usia Dini tingkat TK mulai tahun 1987,  menyadari benar bahwa pentingnya mengenalkan nilai-nilai pendidikan dan moral sejak dini sehingga diharapkan mereka yang mengikuti pendidikan PAUD di Taman Kanak-kanak Islam Citra Mu’min memiliki dasar-dasar pengetahuan dan agama  serta tumbuh berkembang kognitif dan psikomotoriknya untuk melanjutkan ke jenjang sekolah dasar nanti.

Adapun dasar pendidikan di Taman Kanak-kanak Islam Citra Mu’min, adalah :

a) Membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkepribadian luhur, sehat, berilmu, cakap, kreatif, inovatif, mandiri, pecaya diri, dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab. 

b) Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, kinestetis, dan sosial peserta didik pada masa usia emas pertumbuhan dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan. 

c) Membantu peserta didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi nilai-nilai agama dan moral, sosio-emosional kemandirian, kognitif dan bahasa dan fisik/motorik untuk siap memasuki pendidikan dasar.


Misi sekolah TK Islam Citra Mu’min 

1) Mengembangkan potensi dasar anak. 

2) Membangun kemandirian dan kreatifitas anak. 

3) Menanamkan nilai-nilai agama Islam sejak dini.

4) Mempersiapkan anak didik ke jenjang pendidikan dasar.

Taman Kanak-kanak Islam Citra Mu’min memiliki motto yakni “ let’s play, learn and grow in togetherness” yang mengandung arti  bahwa  konsep pendidikan yang dibangun dan dikembangkan di TK Islam Citra Mu’min adalah proses pembelajaran yang menyenangkan dengan cara/model bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain serta belajar tumbuh dalam kebersamaan.

B. Tujuan 

Tujuan pendidikan sebagaimana yang telah dirumuskan dalam  visi  dan misi serta motto memiliki  tujuan jangka baik, jangka pendek, jangka menengah maupu jangka panjang.   Visi tersebut menjadi pedoman bagi setiap pendidik di TK Islam Citra Mu’min untuk mewujudkannya sehingga dapat mencapai tujuan yang dimaksud tersebut.


VISI TK Islam Citra Mu’min 

1) Membangun kecerdasan peserta didik melalui kegiatan-kegiatan yang menarik melalui praktek kelas maupun praktek langsung sehingga tidak membosankan  anak didik. 

2) Mengembangkan kemampuan potensi dasar peserta didik melalui model pembelajaran yang menarik dan merangsang motorik anak. 

3) Menanamkan nilai-nilai agama, akhlak dan mengenalkan perilaku dan budi pekerti yang luhur kepada peserta didik sehingga menghasilkan peserta didik yang memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial maupun kecerdasan religi.


C. Penutup

Untuk dapat mewujudkan apa yang menjadi tujuan dan cita-cita tersebut, maka sangatlah diperlukan dan dibutuh partisipasi dan kerjasama dari seluruh elemen dan unsur masyarakat maupun pemerintah.

Untuk itu, kami mengucapkan terimakasih kepada ayah dan bunda yang telah mempercayakan pendidikan anak usia dini di Taman Kanak-kanak Islam Citra Mu’min.

Selamat bergabung, semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala meridhoi upaya dan ikhtiar kita memberikan bekal pendidikan agama Islam dan ilmu pengetahuan, amiin .


PROFILE TK ISLAM CITRA MU’MIN

1. Nomor NPSN :  20110405

2. Nomor Identitas Sekolah :  000170

3. Nama TK :  TK Islam Citra Mu’min

4. Alamat :

        a. Jalan :  Kebon Kacang 48

        b. RT/RW :  RT. 004 / 08

        c. Kode Pos         :  JKT 10240

        d. Kecamatan :  Tanah Abang

        e. Kabupaten/Kota :  Jakarta Pusat

        f. Propinsi :  DKI Jakarta

5. Alamat website :  http://tkislamcitramukmin.blogspot.com

6. Alamat Email         :  tkislamcitramukmin@gmail.com

7. Nomor Telepon :  0877 8301 8001

8. Status TK :  Sekolah swasta

9. Nomor Ijin Operasional         :  63 Tahun 2011

a. Tanggal :  13 Juni 2011

b. Nama Lembaga :  SUDIN Jakarta Pusat

10. Nama Yayasan :  CITRA MU’MIN

11. Nomor Ijin Pendirian         :  53

a. Tanggal :  7 Juli 1988

b. Notaris :  Yudo Paripurno, S.H.

12. Nama Pengelola Yayasan :  H. Atjep Suhadi, S.H.

13. Jabatan :  Ketua Bidang Pendidikan

14. Peringkat Akreditasi         :  B

a. Nomor Surat Keputusan     :  149/BAN PAUD DAN PNF/AKR/2019

b. Tanggal :  2 Oktober 2019

c. Nama Lembaga :  BAN PAUD DAN PNF

15. Jumlah Rombongan Belajar         :  2 (Kelompok A dan Kelompok B)

16. Jumlah Tenaga Kependidikan     :  2 (Guru Tetap Yayasan)

17. Jumlah Non Guru :  2 (Pegawai Tetap Yayasan)


Syarat Pendaftaran dan Petunjuk Cara Pengisian Formulir Pendaftaran

Syarat pendaftaran 

1. Calon peserta didik beragama Islam

2. Usia anak 4 hingga 5 tahun untuk kelompok belajar A

3. Usia anak 5 hingga 6 tahun untuk kelompok belajar B

4. Telah mengisi formulir pendaftaran


Ayah bunda ada 2 (dua) model pilihan dalam pengisian formulir pendaftaran penerimaan perserta didik baru tahun pelajaran 2023-2024, yaitu :

1. Pengisian formulir dapat dilakukan  melalui tautan https://bit.ly/PPDBTKCITRAMUKMIN2023  

2. Pengisian formulir manual (terlampir)



Adapun lampiran yang diperlukan ketika akan mendaftarkan ke sekolah terdiri atas:

1 (satu) lembar photocopy Akte Kelahiran anak

1 (satu) lembar photocopy KTP ayah dan bunda

1 (satu) lembar photocopy Kartu Keluarga

1 (satu) lembar photo anak ukuran 5R berwarna

1 (satu) lembar pas photo ayah dan bunda


Biaya Pendaftaran Peserta Didik Baru

 

 

No.

 

Keterangan

 

Jumlah (Rp)

1

Sumbangan perawatan gedung dan fasilitas sekolah

Rp

850.000

2

Pakaian seragam sekolah (kemeja batik/kemeja kotak-kotak/celana atau rok warna putih dan biru/kaos olah raga, topi, dasi, ikat pinggang

Rp

    600.000

3

Buku Paket (bahan materi belajar)

Rp

500.000

4

ATK dan peralatan belajar anak

Rp

600.000

5

Sumbangan organisasi sekolah

Rp

150.000

6

Iuran/SPP bulan Juli 2023

Rp

300.000

 

 

 

 

 

Rp

3.000.000

Cara pembayaran :

1. SPP Rp 300.000 per bulan

2.     Pembayaran biaya pendaftaran PPDB maupun SPP setiap bulan dapat dilakukan melalu

        transfer ataupun pembayaran tunas/cash

2. Pembayaran melalui transfer ke Rek 11823060106 bank DKI atas nama Atjep Suhadi 

3. Bukti transfer pembayaran mohon agar dishare ke nomor 01813-36171253 (What'sApp)

Fomulir dan Waktu Pendaftaran :

1. Biaya formulir pendaftaran Rp 50.000

2. Formulir pendaftaran dan informasi pendaftaran dapat menghubungi kepala sekolah di HP 

        Nomor : 0877 8301 8001 atau datang langsung ke alamat sekolah Jalan Kebon Kacang 48 RT. 004         RW. 08 Kelurahan Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat pada hari Senin sampai         dengan Jum’at mulai jam 09.00 WIB - 12.00 WIB.

3. Waktu Pendaftaran

3.1. Pendaftaran dimulai tanggal 1 April 2023 sampai dengan 1 Juni 2023

3.2. Pendaftaran setiap hari Senin - Jum’at, mulai jam 09.00 WIB – 12.00 WIB.



Informasi/Keterangan tambahan yang perlu diketahui

1. Hari pertama kegiatan sekolah tahun pelajaran 2023-2024, hari Senin, tanggal 10 Juli 2023

2. Kegiatan belajar mengajar setiap hari Senin s.d. Jum’at.

3. Masuk sekolah jam 08.00 WIB s.d. 11.00 WIB

4. Lama pendidikan 1 (satu) tahun/2 (dua) semester

5. Ijasah diberikan hanya bagi peserta yang telah menyelesaikan/menuntaskan pendidikannya 

        sampai di kelas B

6. Buku paket dan ATK/peralatan belajar anak diberikan selama 1 tahun

7. Anak hanya membawa tas berisikan bekal makanan/minuman sehat



Komentar

Postingan Populer